Kemarau Petani Gagal Panen

           
      Musim kemarau kini tengah melanda beberapa daerah di Indonesia, salah satunya di kota Padang Sumatera Barat tepatnya di kecamatan Salimpaung jorong Malintang. Kemarau yang melanda daerah ini menyebabkan banyak petani mengalami gagal panen dan menyebabkan kerugian yang cukup berdampak kepada kehidupan ekonomi masyarakat setempat.
Kecamatan Salimpaung jorong Malintang 80% penduduknya berprofesi sebagai petani dan sebagian kebutuhan masyarakat di daerah tersebut bergantung dari hasil tani. Berbagai macam jenis tanaman yang diolah dan digarap oleh petani, mulai dari sayur mayur (lobak, sawi, terong, buncis, cabai dan lain-lain). 
      Selain berprofesi sebagai petani sayur, masyarakat juga menggarap sawah untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat sendiri. 
"Saat ini tanaman yang saya tanam mulai mati satu-satu karena kurang air. Hujan juga sudah kurang lebih 3 bulan tidak turun, sayur yang saya tanam kurang air dan menyebabkan tanaman menjadi layu dan mati" Ujar Tamrizal (50). Musim tanam yang jatuh bertepatan dengan musim kemarau tidak dapat di elakan oleh petani, dengan air dan pupuk secukupnya petani menggarap tanaman dan padi seadanya. Musim kemarau ini tidak hanya menyebabkan para petani gagal panen, tetapi juga menyebabkan sumber air di beberapa rumah warga juga mulai mengering dan membuat warga mandi,mencuci di pemandian umum

 Alatif Fitri suci lestari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN