SELASA MEMBARA

   IAIN Batusangkar, 17 September 2019 – Mahasiswa IAIN Batusangkar adakan aksi besar-besaran. Mulai sejak pukul 07.00 WIB, area lantai satu gedung K telah dipenuhi oleh ribuan mahasiswa yang akan mengakan aksi, dipandu langsusng oleh presiden mahasiswa beserta koordinator lapangan. Aksi ini terjadi akibat adanya respon lamban pihak kampus terkait audiensi yang diadakan mahasiswa beberapa waktu lalu. Mahasiswa serasa dipermainkan akibat tidak adanya jawaban atas hak-hak yang telah dituntut. Selain itu, tanda tanya dikemukakan oleh mahasiswa terkait hari krida mahasiswa, persoalan UKT (Uang Kuliah Tunggal), dana kelembagaan, bus kampus, persoalan anggaran PBAK, denda pustaka, terbengkalainya pembangunan gedung kampus dua serta persoalan lainnya.


   Selasa membara, itulah yang disebut oleh mahasiswa IAIN Batusangkar. Saat masih berada di depan lapangan basket, gerakan ribuan mahasiswa itu terhenti sementara akibat dihalangi oleh para pejabat kampus, hingga akhirnya koordinator lapangan mengarahkan untuk berputar jalan ke belakang perpustakaan dan langsung menuju depan lobi K. Ketika ribuan mahasiswa itu berkumpul di depan Lobi, rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA beserta rombonganpun saling berhadapan dengan massa. 
Orator dan presiden mahasiswa menyampaikan tuntutan terkait aksi. Rektorpun menyampaikan poin yang menjadi kendala dalam memenuhi hak-hak mahasiswa, hingga terlontar dari mulutnya untuk mengeluarkan surat pengunduran diri sebagai Rektor IAIN Batusangkar. Namun, bukan itu yang diminta oleh mahasiswa. Mahasiswa tetap meminta kepada Dr. H. Kasmuri, MA sebagai rektor IAIN Batusangkar menjawab dan menindaki permintaan mahasiswa, kemudian menandatangani surat terkait hal tersebut.
Tak diam disitu saja, ketika Rektor kembali ke ruang rektorat, ribuan mahasiswapun ikut berjalan hingga depan kampus IAIN Batusangkar, memenuhi jalan raya dan melanjutkan aksi disana. Setelah sekian lama menunggu, berkisar pukul 12.00 hasil dan tanda tangan dari rektorpun keluar. Keputusan itu dibacakan langsung oleh presiden mahasiswa IAIN Batusangkar. Setelahnya, acara ini dilanjutkan dengan evaluasi pada pukul 14.00 WIB di lapangan basket IAIN Batusangkar.
Siti Aminah (1730303018)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN