Tradisi Manampuang Dagiang di Jorong Sitingkai, Kecamatan Palupuh Kabupaten Agam


Sitingkai, 11 Agustus 2019—Hari Raya Idul Adha tentu tidak asing lagi ditelinga umat Islam. Hari dimana semua orang merasakan indahnya berbagi kepada sesama, hari kemenangan tentunya. Akan tetapi, tradisi di jorong Sitingkai, kecamatan Palupuh, kabupaten Agam, Sumatera Barat ini berbeda dengan tradisi Idul Adha biasanya. Bermula dari shalat hari raya Idul Adha yang diwarnai dengan kehangatan dan kegembiraan, berlanjut pada proses pemotongan hewan qurban yang diramaikan oleh masyarakat sekitar, dengan aksi rusuh dari anak-anak yang takut tapi juga ingin melihat proses penyembelihan.
Hal yang menarik dari hari raya Idul Adha di jorong ini adalah proses pembagian daging qubannya. Pembagian daging di jorong ini tidak memakai kupon seperti biasanya akan tetapi dengan meletakkan kantong kresek di sepanjang kiri dan kanan jalan. Masyarakat setempat menyebutnya dengan istilah manampuang dagiang. Hal itu menuai simpati bagi siapa saja yang datang berkunjung ke kampung tersebut selama acara berlangsung. Menggunakan kantong kresek dengan warna yang sama sebagai penanda kantong tersebut diberikan oleh panitia pelaksana. Keistimewaannya acara manampuang dagiang tersebut tidak hanya dapat di terima oleh masyarakat itu saja, tapi juga bisa diterima oleh siapapun yang berkunjung ke kampung itu selama pembagian daging berlangsung.
Pembagian daging tersebut diberikan oleh panitia pelaksana dengan menggunakan gerobak dorong, 1 orang mendorong gerobak dan 1 orang lagi membagikan dagingnya. Mulai dari awal hingga akhir barisan warga, begitulah seterusnya sampai dagingnya habis. “Tradisi yang berbeda ini sudah dilakukan dari zaman dahulu, sudah menjadi kebiasaan bagi kami yang tinggal di jorong ini. Menurut kami, tradisi ini dapat menjaga kebersamaan antar warga. Dahulu pernah pakai kupon seperti biasanya tapi tidak ramai yang datang”, ujar salah seorang warga jorong Sitingkai. Tradisi ini akan terus berjalan sampai nantinya.

Chintia Arnita (1730303006)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN