Kuliah? Di Rumah



Mewabahnya virus Corona atau COVID-19 membuat kekacauan dan kekhawatiran setiap orang, tidak hanya melanda perorangan tetapi wabah ini sudah membuat kekacauan di beberapa negara dan mematahkan perekonomian negara tersebut. Pandemi ini tidak hanya meluluhlantakkan perekonomian negara tetapi membuat seseorang terpaksa untuk membatasi aktivitas di luar rumah guna mencegah penyebaran virus corona. Setiap orang di himbau untuk tidak keluar rumah dan mengalihkan pekerjaan ke rumah dan bekerja dari rumah saja.. tidak hanya itu para pelajar juga di alihkan PBM nya ke rumah dengan menerapkan sistem belajr online/daring menggunakan aplikasi seperti WhatsApp, Classroom dll.
Tidak hanya kalangan pelajar, mahasiswa perguruan tinggi juga menerapkan sistem kuliah online/daring, salah satunya perguruan tinggi negri IAIN Batusangkar. Dimana pihak kampus mengalihkan semua kegiatan perkuliahan dan perkampusan ke rumah masing-masing. Kuliah online ini telah di berlakukan sejak pandemi Corona semakin mewabah pertengahan bulan Maret lalu. Mahasiswa melakukan PBM dari rumah masing-masing menggunakan aplikasi yang bisa mendukung perkuliahan seperti WhatsApp dan Classroom. Kuliah online ini tentu tidak seperti kuliah umumnya sedikit banyaknya pasti mahasiswa mengalami kesulitan  jika dulu mahasiswa melakukan tatap muka dengan dosen, sekarang mahasiswa melakukan tatap muka melalui Vidio Call atau saling berbalas pesan di group. Tentu hal ini sangat tidak efektif bagi mahasiswa dalam menerima materi yang di sampaikan. Faktor lain yang menunjang ketidakefektifan kuliah online ini adalah,
Signal, karena kuliah online tidak semua mahasiswa tinggal di daerah yang memiliki kecepatan signal yang kuat, Paket data, karena kuliah online ini mengharuskan mahasiswa untuk selalu sedia paket data yang mencukupi,tetapi ada juga mahasiswa yang tidak bisa mengikuti perkuliahan hari itu karena kehabisan paket data, Menolong orang tua bekerja.

Alatif Fitri Suci Lestari (1730303003)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN