MPKMB di Laksanakan Secara Online


Batusangkar26 September 2020, wabah yang tengah menyerang Indonesia beberapa bulan belakangan ini terus-menerus menyebar dan semakin menambah pasien yang positif terkena, bahkan banyak juga menghilangkan nyawa si penderita. Berhubung Tahun Ajaran Baru 2020/2021 telah di mulai dan wabah ini masih menyebar, maka pemerintahan masih melakukan sistem pendidikan secara online. Terutama untuk Perguruan-perguruan Tinggi di Indonesia. Karena Perguruan Tinggilah yang lebih mempunyai peluang besar untuk menyebarnya virus ini, sebab mahasiswanya yang berasal dari berbagai daerah.

Dengan telah di mulainya Tahun Ajaran Baru ini, maka Perguruan Tinggi akan melakukan penerimaan mahasiswa baru, setelah mahasiswa tersebut diterima di Perguruan Tinggi, biasanya akan dilakukan suatu tradisi penyambutan mahasiswa baru atau orientasi yang sekarang disebut dengan Masa Pengenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB). Tetapi berbeda dengan tahun sebelumnya, MPKMB tahun sekarang dilakukan secara online karena melihat kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilakukan secara offline atau secara langsung.

Menurut salah satu panitia MPKMB di salah satu PTN di mengatakan “melihat kondisi yang sekarang, MPKMB akan dilakukan secara online dengan sistem yang berbeda dari tahun sebelumnya, sistem jalannya MPKMB online tahun ini dilakukan dengan 2 sesi, yakni sesi pertama dimulai dari pukul 08.00-10.00 dan sesi kedua dari pukul 13.00-15.00. Pembagian sesi ini bertujuan untuk memberikan waktu istirahat bagi mahasiswa baru dan agar mahasiswa baru tidak mengantuk dengan acara-acara yang telah disusun oleh panitia.”

Meskipun MPKMB tahun ini sangat tidak sesuai dengan ekspektasi mahasiswa baru yang selama ini mereka lihat di media-media, mereka etap antusias untuk mengikuti acara tersebut. “Walaupun dilakukan secara offline, MPKMB ini tetap seru dijalankan karena panitia selalu berusaha mengahadirkanacara yang menarik, akan tetapi jika dilakukan secara offline pasti akan lebih seru lagi” ujar salah seorang mahasiswa baru.

Setelah mengikuti MPKMB yang telah diadakan beberapa hari, mahasiswa baru akan memulai proses belajar sesuai mata kuliah jurusan masing-masing. Karena masih dilakukannya secara online, maka banyak dari mereka yang mengalami kesulitan memahami materi yang disampaikan oleh Dosen. Mereka mengaku bahwa dunia perkuliahan sangat jauh berbeda dengan sekolah mereka sebelumnya. Walau begitu mahasiswa baru ini akan terus berusaha dan semangat belajar walau ditengah pandemi seperti ini. Mereka berharap pandemi ini segera berakhir dan mereka akan belajar secara tatap muka di kampus tercinta. (Dilla) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN