Potret Perjuangan Mahardika Dalam Pengabdian di Jorong Taratak Teleng, Nagari Sariak Alahan Tigo, Solok

 

Taratak Teleng—Matahari sudah condong kearah barat sebentar lagi yang pengusaha malam akan memeluk bumi. Para petani juga sudah kembali ke rumah-rumah mereka untuk bercengkrama dengan keluarga tercinta.

Sementara motor para belasan Mahasiswa yang tergabung dalam Komunitas Mahardika di bawah Komando Yulida Fitri meraung rendah menyusuri jalan Taratak Teleng, Sariak Alahan Tigo, Solok.

Pada hari Kamis, Komunitas Mahardika Yulida Fitri bersama anggotanya terjun ke Nagari Taragak Teleng yang berada di perkampungan melakukan pengabdian. Ya, memang begitulah cara mereka melakukan interaksi ditengah masyarakat. Terutama anak-anak yang berada di bangku SD yang menjadi tujuan pengabdian mereka dalam agenda "Surau Mengajar di Jorong Taratak Teleng".

Kegiatan belajar mengajar bagi anak-anak yang berada di bangku SD, dimana mereka tidak mendapatkan pendidikan yang memadai akibat pandemi yang tengah melanda negeri ini. Momen turun ke tengah-tengah masyarakat menjadi saat yang sangat ditunggu oleh penyuka pengabdian yang tengah terjun ke masyarakat ini.

Jumat siang (25/09) Mahardika Yulida Fitri bersama anggota lainnya melakukan acara kegiatan pembukaan "Surau Mengajar" di Masjid Nurul Huda, Sekira pukul 13.00 WIB. Acara tersebut dihadiri lansung oleh kepala Jorong Taratak Teleng, Para Tokoh Masyarakat, beserta anak-anak yang berada di bangku SD ikut bersama dalam kegiatan tersebut.

Kepala Jorong Pera Eka Datra menyampaikan dalam sambutannya “Dengan hadirnya anak-anak mahasiswa dari komunitas Mahardika semoga memberikan langkah baik terkhusus bagi anak-anak SD kampung kita yang terbatas proses belajar nya akibat Covid-19 yang belum usai dari negara kita.” Mereka akan melakukan pengabdian dikampung kita selama tiga hari ke depan, “mari kita sukseskan bersama acara mereka, dengan mendukung program-program yang mereka canangkan untuk anak-anak kita," tambahnya.

Dengan jarak yang cukup jauh untuk menuju ke Taratak Teleng, Sariak Alahan Tigo, semangat mereka tetap menggelegak untuk dapat mengajar anak-anak pada salah satu tempat pusat pengabdian mereka di Mushala Surau Gadang, Taratak Teleng.

Mahasiswa-mahasiswi Mahardika ini mengajarkan bagaimana pentingnya kebersihan diri, bagaimana menjaga pola hidup sehat, dan juga mengajarkan bagaimana pentingnya pendidikan untuk menjembatani kesuksesan dirinya.

Semua rasa lelah mahasiswa-mahasiswi Komunitas Mahardika ini telah terpatahkan oleh rasa bangga mereka yang bisa membuat lengkungan dibibir para anak-anak, yang dapat menyalurkan ilmu yang telah mereka peroleh dan mengamalkannya kepada orang lain.

Rasa letih pun terhapuskan oleh warna-warni kisah yang menyenangkan dan luar biasa saat berada bersama anak-anak di perkampungan tersebut. Jangan menunggu sampai benar-benar pintar untuk berbagi ilmu, berbagi ilmulah niscaya akan menjadi lebih pintar. (Feri)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN