Dr. Sirajul Munir Ikuti Perguruan Tinggi Keagamaan Islam se-Indonesia


Batusangkar– Wakil Rektor III IAIN Batusangkar Dr. Sirajul Munir, M.Pd ikuti Rapat Koordinasi Wakil Rektor /Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama PTKI se- Indonesia berlangsung di Hotel Grand Q Gorontalo. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Direktur PTKI Dirjen Pendis Kemenag RI, Suyitno, Jum’at, 13 November 2020.

Dalam sambutannya, Suyitno mengulas peran penting yang harus dimainkan oleh Wakil Rektor/ Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama (Warek/ Waket III). Menurutnya, Warek/Waket III memiliki peran strategis karena berhadapan langsung dengan mahasiswa.“Warek III inilah yang paling beruntung karena paling dekat dengan mahasiswa. Kita dianggap bapaknya mereka. Kita pun nantinya yang akan paling dikenang oleh mahasiswa, jika kita sebagai Warek/Waket III memiliki kepedulian dan perhatian terhadap masalah yang dihadapi mahasiswa,” papar Suyitno.

Pernyataan Direktur PTKI ini menyemangati para Warek/Waket III dengan adanya rumor yang beranggapan bahwa jabatan Warek/Waket III adalah jabatan yang paling merepotkan dan menyusahkan karena setiap harinya berhadap dengan berbagai masalah mahasiswa, termasuk aksi domentrasi mahasiswa setiap saat. Sehingga ada yang mempelesetkan Warek III sebagai jabatan dibidang air mata. Untukitu, Suyitno mengajak para Warek/ Waket III ini untuk memikirkan kembali program pembinaan kemahasiswaan. “Mahasiswa hari ini adalah generasi milenial yang karakternya serba instan”, paparnya. “Kita menghasilkan lulusan dalam jumlah ribuan orang setiap tahunnya. Kita harus memikirkan nasib mereka itu kedepannya, agar bisa terserap di dunia industri”.“Arah pengembangan mahasiswa bukan hanya berorientasi akademik. Mereka sudah harus dibekali dengan skill dan interpreneurship, agar mereka siap dan memiliki bekal setelah kuliah” tambahnya. Pesan Direktur PTKI ini relevan dengan agenda Rakor Warek/Waket III PTKIN se-Indoneia yang akan dibahas selama 4 hari ini, yaitu 13-16 November 2020.

Wakil Rekor III IAIN Batusangkar Dr. Sirajul Munir, M. Pd yang turut menghadiri rakor tersebut, dalam wawancara media menyampaikan “Kita mesti berfikir bahwa pola pembinaan mahasiswa harus mengikuti tren industri 4.0 yang mengedepankan teknologi”.


UTS Produksi Berita

--Ilhas Naufal Rifandi 1830303014

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN