Nuansa IAIN Batusangkar


IAIN Batusangkar merupakan lembaga pendidikan perguruan tinggi yang berlokasikan di Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar. Kesederhanaan suasana persawahan hijau yang mengelilingi sekitaran kampus Iain Batusangkar ini, memberikan ciri khas tersembunyi dan unik. Terdiri dari 4 Fakultas dan 27 Jurusan yang menyimpan suka duka perkembangan kampus ini.

Tidak hanya itu, IAIN Batusangkar juga meliputi lembaga-lembaga kemahasiswaan. Yang bertujuan dapat melatih mental dan potensi bakat minat masing-masing mahasiswa, tidak hanya menggeluti pembelajaran akademik, mahasiswa juga harus menyeimbangi dengan praktek lapangan non akademik. Diantara lembaga yang ada di IAIN Batusangkar, SEMA (Senat Mahasiswa mencakup tingkat tertinggi kampus maupun fakultas), DEMA (Dewan Mahasiswa mencakup tingkat tertinggi kampus maupun fakultas), UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa/ UKK (Unit Kegiatan Khusus), HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan).

Berbagai struktur program kerja dan persiapan manajemen yang matang diatur dengan sistematis dan tidak memandang bulu. Selagi ada niat untuk mau berubah dan mencoba, itu hal penting yang diingat. Beragam kegiatan seperti mengadakan acara baik online maupun offline juga bermunculan masing-masing lembaga. Sumber daya manusia, dana,  serta fasilitas disesuaikan dengan bidang kajian atau keilmuan di masing-masing lembaga sebagai suatu wadah pengembangan dan pembinaan kualitas mahasiswa itu sendiri.

Bapak Ihsan Sanusi, salah seorang dosen IAIN Batusangkar mengatakan, “Bangunan tidak akan berdiri jika tidak ada tiang sebagai penyangganya. Begitu juga suasana Perguruan tinggi, baik berskala umum maupun agama. Maka lembaga inilah tiang panji perguruan tinggi ada. Jika hanya ilmu pengetahuan dan pembelajaran yang dicari dan dituntut, jangankan dikampus, dari lahir saja ananda sudah diajarkan ilmu. Jadi, tegaknya suatu program, harus ada juga kinerja pendukung didalamnya, bukan karena unsur keterpaksaan, tetapi unsur keterlibatan diri kita dalam lembaga tersebut. Kenapa kita ingin masuk UKM atau HMJ? Tentu yang kita pikirkan, apa rancangan yang akan kita buat, tujuannya apa, efeknya bagaimana. Maka unsur 5W + 1H adalah unsur penegak tiang penyangga suatu lembaga tersebut terhadap tiap diri individu didalamnya. Bagus nilai tidak ada gunanya jikalau skill tidak ada, jauh berbeda dengan orang yang memiliki nilai tidak melebihi kadar namun skill yang dia miliki diasah dengan terus menerus, itulah yang penting,” tutur Pak Ihsan melalui Via chat WhatApp, Selasa (17/11)

Miza Nurrahmah, salah seorang Mahasiswa IAIN Batusangkar yang mengikuti lembaga kampus UKM juga menjelaskan bahwa kegiatan-kegiatan mahasiswa yang diadakan pihak kampus sangat diapresiasi oleh Rektor IAIN Batusangkar. Sebab kegiatan yang dilaksanakan bukan hanya berstandar kampus saja tetapi melingkup kesuluruh cabang nasional bahkan internasional. Didalam kegiatan tersebut difasilitasi dengan Sertifikat, Doorprize, menambah relasi serta penambahan wawasan baru, dengan mendatangkan narasumber terkenal dan terpandang baik dari segi pemantapan materi teori juga dirangkup praktek sekaligus. Hal tersebutlah serunya aktifitas lingkungan kampus Iain Batusangkar. Pungkas beliau dengan bangga.

Begitu pentingnya solidaritas mahasiswa terhadap berdirinya suatu perguruan tinggi. Beragam cara antisipasi mahasiswa untuk menunjukkan keaktifan serta inisiatif mereka untuk mendirikan perguruan tinggi yang berkualitas. Bangganya suatu instansi lembaga perguruan tinggi terletak pada manajemen mahasiswanya. 

NB: UTS Mata Kuliah Produksi Berita Media Cetak Jamiatul Maharani 1830303015 Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam/ Jurnalistik FUAD IAIN Batusangkar yang diampu oleh Ibuk Oktri Permata Lani, S. I. Kom., M. I. Kom.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN