Pasca STAIN Sekarang IAIN Akan Menjadi UIN Batusangkar

 


Batusangkar—Batusangkar tepat di Jl. Jendral Sudirman, Kubu Rajo Lima Kaum adalah tempat lokasi IAIN saat ini berada, dan perkiraan tahun 2030 akan pesat perkembangannya, namun tak lama ini diisukan bahkan dibuktikan lewat blog dan medsos IAIN Batusangkar bahwa IAIN akan resmi menjadi UIN Batusangkar.

Dilangsir dari Redaksi 6, Prokabar pada dini hari  19 November 2020 pukul 12:06 bahwa menatap perubahan alih status menjadi Universitas Islam Negeri , Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M. Sc bersama jajaran terus menjalin komunikasi dan kerjasama yang baik dan akan terus melakukan terobosan dalam sektor pendidikan di Batusangkar ini. Dalam keterangan persnya Warek lll IAIN Batusangkar menyampaikan UIN Imam Bonjol Padang memberikan dukungan yang kuat agar IAIN Bertransformasi menjadi UIN Batusangkar.

Pada kesempatan tersebut Rektor UIN Imam Bonjol Padang profesi Prof. Dr. Eka Putra Wirman memuji tata kelola IAIN Batusangkar titik beliau berharap IAIN Batusangkar segera bertransformasi menjadi UIN Batusangkar. "Kami tidak akan menganggap IAIN Batusangkar sebagai saingan tetapi sebagai Mitra. Kami berharap bertransformasinya IAIN Batusangkar menjadi UIN akan menjadikan Sumatera Barat menjadi pusat destinasi pendidikan sebagaimana halnya Jogyakarta" di atas ungkap Prof. Eka.

Pada mulanya IAIN Batusangkar berstatus Fakultas Tarbiyah IAIN Imam Bonjol dan kemudian berubah menjadi sekolah tinggi agama Islam negeri (STAIN) berdasarkan Kepres No. 11/1997 beserta Surat Keputusan Menteri Agama RI No. 285/1997. Kemudian, dari STAIN berubah lagi menjadi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar setelah dikeluarkan Perpres No. 147 tahun 2015 bertanggal 23 Desember 2015 hingga sekarang dan sebentar akan berubah menjadi UIN.

 

NB: UTS Mata Kuliah Produksi Berita Media Cetak Divo Oswaldo 1830303011 Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam/ Jurnalistik FUAD IAIN Batusangkar yang diampu oleh Ibuk Oktri Permata Lani, S. I. Kom., M. I. Kom.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN