Profile DEMA FUAD 2020

 

Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah atau yang biasa disingkat dengan DEMA FUAD merupakan Lembaga Kemahasiswaan (LK) yang berada di IAIN Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. DEMA adalah sebutan untuk Badan Eksekutif Mahasiswa di IAIN Batusangkar, yang mana bila di universitas pada umumnya dikenal dengan sebutan BEM. Dan pada dasarnya, DEMA maupun BEM sama-sama organisasi kemahasiswaan bidang eksekutif yang berperan sebagai wadah aspirasi mahasiswa dalam mengembangkan minat, bakal, skill, gagasan dan pola pikir.

Tidah hanya itu, peran DEMA juga melakukan perubahan, paradigma, serta mengembangkan intelektual hingga nilai-nilai religius. Dalam DEMA FUAD, ia merupakan organisasi kemahasiswaan untuk tingkat fakultas. Yang mana tugasnya mulai dari melaksanakan program kerja (proker) yang telah direncanakan hingga menjadi perwakilan aspirasi mahasiswa. DEMA FUAD 2020 memiliki visi “Terciptanya Mahasiswa yang KPK (Konstruktif, Progresif, dan Kolaboratif) dan Cinta akan Organisasi”, dengan misi: Mengadakan Kegiatan-Kegiatan yang Bersifat Membangun Minat Organisasi FUAD dan Membangun Komunikasi dan Koordinasi Secara Intensif Lembaga di FUAD.

Untuk kepengurusan DEMA FUAD 2020 terdiri dari 21 anggota dengan rincian sebagai berikut: 3 orang Polis Umum (PU) yaitu: Ryan Hajusa Karilda selaku Ketua Umum, Aisyah Putri selaku Sekretaris Umum, dan Latifah Hanum selaku Bendahara Umum; 4 orang Devisi Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dan Organisasi (PSDMO) yaitu: Muhammad Iqbal selaku Koordinator, Mitria Candra selaku Sekretaris Bidang, serta Divo Oswaldo dan Pera Iska sebagai anggotanya; 4 orang Devisi Minat dan Bakat Mahasiswa (MINABA) yaitu: Muhammad Yusuf selaku Koordinator, Suci Murdayani selaku Sekretaris Bidang, serta Rifaldi Yusman dan Muhammad Hafiz sebagai anggotanya; 2 orang Devisi Kesekretariatan dan Inventaris yaitu: Yosi Novia Putri selaku Koordinator dan Aneng Waljanah selaku Sekretaris Bidang; 3 orang Devisi Keagamaan dan Keputrian yaitu: Fauzi Ramadhan selaku Koordinator, Sumayyah Nur Hamidah selaku Sekretaris Bidang, dan Ega Sagita sebagai anggotanya; 2 orang Devisi Multimedia Informasi dan Komunikasi (MIK) yaitu: Habibullah selaku Koordinator dan Dewi Mustasia selaku Sekretaris Bidang; dan 3 orang Devisi Hubungan Masyarakat (HUMAS) yaitu: Fuad Riansyah selaku Koordinator, Erlina Yuspita Sari selaku Sekretaris Bidang, dan Aqsal Zendra sebagai anggotanya. DEMA FUAD pun memiliki seorang Pembina, yaitu Bapak H. Yuldelasharmi, S. Ag., SS., MA, yang mana beliau juga berperan sebagai KABAG TU FUAD IAIN Batusangkar pada saat sekarang ini.

DEMA FUAD 2020 memiliki beberapa program kerja yang telah terlaksana hingga saat ini, di antaranya: Up Grading dengan tema “Menumbuhkan Sikap Profesionalitas dan Loyalitas”, Diskusi Online dengan tema “Peran Mahasiswa dan Organisasi dalam Mengaktualisasikan Keilmuan Guna Menepis Hoax News Covid-19 di Kalangan Masyarakat”, Festival Dakwah Online dengan tema “Merajut Silaturahmi antar Sesama dengan Menyiarkan Islam”, Seminar Nasional Online dengan tema “Problematika Milenial di Era Digital Menurut Perspektif Keagamaan”, Akselerasi Seni dan Ilmiah Mahasiswa (AKSIOMA) dengan tema “Membangkitkan Jiwa Kreativitas Milenial dan Semangat Kemerdekaan di Masa Pandemi”, Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa Tingkat Menengah (PKMM) dengan tema “How to Challenge True Leader in 5.0”, Pelatihan Penulisan Makalah Khusus MABA FUAD dengan tema “Cerdas Bermakalah, Cermin Insan Cendekia”, serta Webinar Nasional dan Open Donasi dengan tema “Pemenuhan Equality Before the Law bagi Masyarakat Tidak Mampu.”

Informasi lebih lanjut seputar DEMA FUAD yang terdiri dari rangkaian kegiatan atau informasi lainnya secara lengkap bisa ditemukan melalui akun media sosial resmi milik DEMA FUAD IAIN Batusangkar, di antaranya: Instagaram @demafuadiainbsk2020, Facebook Dema Fuad Iain Batusangkar, YouTube DEMAFUAD IAIN BATUSANGKAR, dan Email demafuadiainbsk2020@gmail.com. Di sana tidak hanya menyuguhkan hal-hal mengenai kepengurusan DEMA FUAD saja, akan tetapi mencakup keluarga besar Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah yang terdiri dari 6 jurusan yakninya Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT), Psikologi Islam (PSI), Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam (IPII), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) dan Pemikiran Politik Islam (PPI), selingkup Kampus IAIN Batusangkar, bahkan juga dalam kancah nasional serta internasional.

NB: UTS Mata Kuliah Produksi Berita Media Cetak Dina Radianti 1830303010 Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam/ Jurnalistik FUAD IAIN Batusangkar yang diampu oleh Ibuk Oktri Permata Lani, S. I. Kom., M. I. Kom.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN