Tuangkan Bakat Menulismu Bersama Unit Kegiatan Mahasiswa Riset dan Karya Tulis (UKM-RKT) IAIN Batusangkar

 

Batusangkar – Unit Kegiatan Mahasiswa Riset dan Karya Tulis (UKM-RKT) adalah sebuah organisasi Mahasiswa yang bergerak dalam bidang kepenulisan yang bertempat di  Sekretariat Gedung H. Lt. 1 samping ruang Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Kampus 1 Kubu Rajo Limo Kaum Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar.

UKM Riset dan Karya Tulis dirancang pada tahun 2014 oleh para senior Alumni IAIN Batusangkar. Berdasarkan latar belakang berdirinya bahwa saat itu dengan gabungan ide, pikiran, dan gagasan dari beberapa orang Mahasiswa saat itu yang sekarang sudah Alumni, sepakat mengusulkan ke pihak Kampus IAIN Batusangkar untuk mendirikan sebuah Organisasi Kepenulisan yang diberi nama Riset dan Karya Tulis.



Dilihat dari potensi Mahasiswa yang ada saat itu, mereka banyak memilik skill dalam bidang kepenulisan namun tak ada tempat untuk menuangkan skill mereka tersebut. Akhirnya dengan pengajuan dari beberapa Mahasiswa saat itu mendapat respon yang baik dari pihak Kampus. Tepat pada pertengahan tahun 2014 Unit Kegiatan Mahasiswa Riset dan Karya Tulis IAIN Batusangkar resmi didirikan.

Sejak saat berdirinya UKM Riset dan Karya Tulis, semakin hari semakin menancapkan taringnya di lingkungan IAIN Batusangkar, dengan menghasilkan karya-karya Mahasiswa yang bergabung dalam Unit Riset Karya Tulis tersebut yang dipadukan ke dalam sebuah buku. Pada tahun 2019 lalu, salah satu Buku karya dari UKM Riset dan Karya Tulis yang berjudul “Goresan Tinta Perjuangan” mendapatkan Apresiasi dan penghargaan dari pihak kampus.

Dr. H. Kasmuri, M.A yang menjabat sebagai Rektor IAIN Batusangkar saat itu, memberikan penghargaan kepada UKM Riset dan Karya Tulis. bahwa UKM Riset dan Karya Tulis telah memperlihatkan eksistensinya di lingkungan kampus dengan menghasilkan karya-karya tulis kedalam sebuah buku yang sangat berguna dan sebagai motivasi bagi Mahasiswa lainnya untuk gemar menulis.  

Dengan kekompakan serta kesatuan anggota Riset dan Karya Tulis, berhasil menggoreskan prestasi dan kegiatan kepenulisan melalui Seminar Nasional bahkan Internasional. Pada tahun 2019 lalu, Anggota Riset dan Karya Tulis berhasil membawa nama baik IAIN Batusangkar dengan terpilihnya salah satu Anggota UKM Riset dan Karya Tulis Sherin Aprilia, utusan cabang Lomba Karya Ilmiah ke UIN Malang.

Tahun 2019 lalu adalah tahun warna-warni keberagaman prestasi UKM Riset dan Karya Tulis. Sekarang akibat pandemi yang melanda, kegiatan-kegiatan yang diangkat oleh UKM Riset dan Karya Tulis IAIN Batusangkar terpaksa dilakukan secara daring. Meskipun haya via online namun  antusias dari para anggota UKM Riset dan Karya Tulis tidak mengurangi semangat didalam diri mereka.

Harapan kedepannya untuk UKM Riset dan Karya Tulis pun terucap dari Jajaran kepengurusan, anggota, serta alumni. Semoga menjadi UKM terbaik di lingkungan Kampus, tetap menorehkan prestasi ke publik, menjadi UKM yang cinta kepenulisan dan dikenang sepanjang masa dihati Mahasiswa.

 

NB: UTS Mata Kuliah Produksi Berita Media Cetak Feri Ilham Dani 1830303012 Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam/ Jurnalistik FUAD IAIN Batusangkar yang diampu oleh Ibuk Oktri Permata Lani, S. I. Kom., M. I. Kom.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN