Candi Padang Roco Sebagai Peninggalan Sejarah Di Kabupaten Dharmasraya

 

Pernahkah kamu bertamasya atau berwisata ke salah satu kabupaten di provinsi Sumatera Barat? Jika belum ayok kunjungi wisata peninggalan sejarah dikabupaten ini. 

Nama kabupaten itu adalah kabupaten Dharmasraya. Di kabupaten Dharmasraya sendiri ada beberapa tempat wisata peninggalan sejarah yang sangat jarang di jamah oleh masyarakat. Salah satunya adalah candi Padang Roco. Candi padang Roco merupakan candi yang terletak di Jorong Sungai Langsat atau Lansek Kenagarian Siguntur kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya.

Kompleks Candi Padang Roco mempunyai peninggalan dalam bentuk candi sebanyak 3 (tiga) buah, yaitu Candi Padang Roco I, II, dan III. Candi Padang Roco pada dasarnya berada di daerah dataran yang dilingkari oleh parit keliling dari arah barat menyambung ke utara dan berakhir disisi timur. Konon dahulunya candi ini digunakan sebagai tempat beribadah orang beragama budha. Candi ini menunjukkan suatu bentuk peninggalan kerajaan yang ada di Dharmasraya sebelum akhinya dipindahkan ke Tanah Datar.

Menurut Irfan, salah satu pengelola candi Padang Roco mengatakan bahwa candi ini jarang sekali dikunjungi oleh masyarakat baik lokal maupun luar. Salah satu alasannya karena sulitnya transportasi menuju candi tersebut. Namun saat digelarnya acara festival pamalayu di candi Padang Roco pada agustus 2022, akhirnya candi tersebut dikunjungi dan diramaikan oleh masyarakat khususnya yang berdomisili di kabupaten Dharmasraya.(Meily Puspita Sari)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN