Tanaman Jarak,Seribu Khasiat Pengobatan

 Kamis 27 April 2023

Editor : Yogi Andre 


Tanaman jarak dikenal sebagai herbal yang memiliki sejuta khasiat. Hampir seluruh bagian tanaman jarak ini bermanfaat dan bisa dimanfaatkan sebagai bahan obat.


Salah satu bagian yang populer digunakan sebagai bahan obat yakni daun jarak (Ricinus communis L). Dalam buku A Guide Book of Invasive Plant Species in Indonesia yang diterbitkan KSDAE Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, daun jarak memiliki 5-11 lobus iris dalam, mengkilap dan berwarna hijau keunguan atau hijau kemerahan.


Mengutip jurnal National Center for Biotechnology Information, tanaman ini merupakan famili Euphorbiaceae. Tanaman ini mengandung senyawa yang bersifat antikonsepsi, antidiabetik, antifertilitas, antiinflamasi, antimikroba, antioksidan, hingga insektisida.


Meski tanaman ini banyak manfaatnya, perlu diketahui sebagian senyawa tersebut sebetulnya juga bisa jadi racun.


Mengkonsumsi daun jarak pun tak bisa sembarangan agar tak menjadi racun bagi tubuh. Simak manfaat daun jarak sebagai obat tradisional di bawah ini!


Manfaat Daun Jarak


Terlepas dari kandungan senyawa beracunnya, daun jarak dikenal sebagai salah satu bahan obat tradisional mulai dari gangguan perut, radang sendi, sembelit, hingga kram menstruasi.


Berikut manfaat lengkap daun jarak:


1. Pengobatan Bengkak


Daun jarak dikukus matang dan dibungkus ke tempat yang sakit.


2. Mengobati Hernia


Ambil daun ditambah sedikit garam kemudian lumatkan. Kemudian tempelkan lumatan daun jarak tersebut di titik tengah telapak kaki.


3. Mengobati Luka Koreng


Ambil daun jarak segar direndam air panas sampai lemas lalu tempelkan ke tempat yang sakit.


4. Menurunkan Gula Darah


Air rebusan daun jarak bermanfaat untuk menurunkan dan menstabilkan gula darah yang tinggi pada tubuh. Meminum air rebusan daun jarak secara rutin bisa mengontrol kandungan gula dara pada penderita diabetes.


5. Mengobati Sariawan


Cara mengobati sariawan dengan memanfaatkan getah daun jarak. Caranya remas daun hingga batang daun hingga mengeluarkan getah dan tempelkan getahnya ke bagian sariawan.


6. Mengatasi Perut Kembung


Mengurangi gas berlebihan di dalam perut bisa menggunakan daun jarak. Caranya layukan beberapa lembar daun jarak di atas api, jangan sampai hangus, dan oleskan daun jarak beserta minyak kelapa atau telon atau minyak kayu putih ke perut dan pinggang.


7. Mengatasi Iritasi Kulit pada Bayi


Kulit bayi yang sensitif seringkali mengalami iritasi atau ruam popok. Tumbukan daun jarak dan minyak jarak memiliki sifat melembapkan dan antiinflamasi bisa mengurangi ruam popok pada bayi.


Caranya oleskan tipis-tipis campuran minyak dan tumbukan daun jarak pada kulit bayi yang mengalami ruam. Diamkan beberapa waktu hingga agak menyerap kemudian kenakan popok secara perlahan.


8. Menurunkan Demam pada Bayi


Daun jarak juga bermanfaat untuk meredakan demam pada bayi. Caranya campur daun jarak dengan minyak kayu putih atau telon dan kompreskan pada bayi.


9. Mengencangkan Payudara


Daun jarak juga bisa mengencangkan payudara lho. Caranya tumbuk daun jarak dengan halus dan oleskan ke payudara sekitar 15 menit sampai kering. Rutin mengoleskan ramuan ini bisa membantu payudaramu kencang.


10. Mengurangi Risiko Kanker Payudara


Daun jarak juga memiliki kandungan yang antikanker. Rutin meminum air rebusan daun jarak secara rutin bisa membunuh sel kanker di dalam tubuh.


11. Meredakan Dismenorea


Kandungan daun jarak juga dinilai baik untuk meredakan nyeri haid atau dismenorea. Caranya dengan meminum rebusan daun jarak secara rutin selama haid.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN