Bosan di Rumah, Harus Apa?

Sejak perkuliahan beralih daring, kegiatan yang dulu kerap dilakukan di kampus jadi lenyap. Sekarang, hari demi hari penuh oleh bolak sana-sini, gonta-ganti posisi rebahan, buka-tutup ponsel untuk kuliah. Meski tugas sebenarnya menumpuk, tapi kalau hanya diam di rumah tanpa perubahan suasana, mana tahan.

Awal kuliah daring 17 Maret 2020, rasanya biasa saja. Lumayan senang, karena tidak harus keluar ongkos besar. Dua pekan berlalu, rasa bosan dan malas mulai hinggap. Tugas yang banyak membuat otak jadi buntu berpikir. Sempat penyegaran dengan membereskan rumah, rasa lelahnya tidak sebanding dengan hasil yang didapatkan, berhubung tidak seluruh anggota keluarga yang ‘terima’ kerapian. Jadi, saya mencoba beberapa alternatif untuk menghilangkan bosan seperti berikut:
Pertama, menamatkan koleksi novel dan buku yang bertumpuk. Sebagai pecinta buku, wajar jika rumah penuh oleh bermacam buku. Membaca ulang atau menyelesaikan daftar bacaan yang sebelum ini tidak sempat dilakukan merupakan salah satu penghilang bosan.
Kedua, menonton televisi atau daftar film. Banyaknya media nonton online, seperti viu dan iflix menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang. Jika sebelum ini tidak sempat menonton karena sibuk kuliah atau bekerja, sekarang film-film yang terlewat itu bisa dikejar targetnya.
Ketiga, menamatkan permainan. Para gamers tentu gondok karena selama kuliah tatap muka tidak bisa mengejar target game. Selama stay at home, kesempatan ini seolah muncul dari langit.
Jika anda tipe yang suka mengisi waktu dengan hiburan lebih ‘berat’, bisa mencoba hal lain seperti meningkatkan kemampuan berbahasa. Ada banyak aplikasi yang berguna, sebut saja duolingo, mangodeer atau cake. Sejauh ini, peringkat saya di duolingo sudah meningkat cukup besar, begitupula kemampuan bahasa saya. Masih standar, sebenarnya, tapi tidak terlalu memalukan lah.
Semua kegiatan itu enaknya, bisa dilakukan sambil rebahan. Walau punggung jadi kaku karena berbaring dari pagi ke pagi, tapi kapan lagi merasakan hidup seperti ini?
Imro Atur Rodhiyah (1730303012)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN