Koto Baru Kaya dengan Rempah-Rempah

 

Koto Baru - Nagari Koto Baru merupakan salah satu penghasil rempah Kulit Manis terbanyak di Tanah Datar, karena tanah dan udara yang cukup subur dan segar tempat ini adalah objek para Toke berburu Rempah Kulit Manis. Per bulan Mei kemarin melonjaknya harga Kulit Manis memberikan rasa manis buat warga Koto Baru dan sekitarnya, sebab dahulunya harga kulit manis perKilonya 40K - 45K jika kualitas A dan KA, KB, KC, dan EC mengikut harga A yang ditentukan namun kini melonjak ke angka 60K-65K perkilonya.

Sebab tingginya permintaan perusahaan dan IMPOR serta EXPORE memberikan inisiatif masyarakat untuk selalu membudidayakan rempah-rempah yang kita miliki. Lama proses tumbuh kayu/ kulit manis dan bisa dipanen setelah ditanam kurang lebih 5 Tahun, kayu manis ini terkenal banyak manfaat dan kaya akan kegunaan nya, juga bukan hanya Kulit Manis saja melainkan Cengkeh, Buah pala juga subur dan termasuk banyak juga di budidayakan disini. Bercocok tanam atau bertani dan beternak adalah profesi yang legenda di Desa ini.

Adapun masyarakat yang remaja sesekali mengadu nasib ke negeri orang dan itu menjadi pelajaran terbaik untuk pengalamannya serta itu juga budaya Minang Kabau yakni "MARANTAU". Dan tak heran juga jika dari mereka yang tidak kerasan untuk merantau maka kehidupannya melalui bertani dan beternak. (do)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN