Pasir Lawas Memanfaatkan Pemasukan yang Ada

 

Pasir Lawas, Sungai Tarab--Tak salah lagi di nagari ini bertani adalah aset sumber dari penghasilan masyarakat di sini, sebab nagari ini subur dan segar nan berada di daerah pegunungan sehingga tak heran lagi jika tani dan ternak sumber pemasukan yang efektif, namun sekarang nagari yang pernah dilanda galodo atau banjir bandang dari gunung merapi, kejadian itu juga sangat dahsyat yang mengakibatkan banyak sekali korban pada saat itu, 29 Maret 2009 merupakan kali kedua terjadi di pasir lawas dan sekitarnya karena peristiwa ini lebih ganas daripada tahun 1979. Namun hal itu tak menyorotkan semangat berjuang dari kaum pribumi, sekarang bekas galodo tersebut terdapat batu kerikil beserta pasir di beberapa titik yang terkena dampak pada saat itu, maka dimanfaatkan lah kerikil dan batu serta pasir ini diambil lalu di jual kembali kepada tempat bangunan yang membutuhkan, tak kehabisan akal yang dahulunya prioritas mencari uang dengan tani dan ternak sekarang berkuli pasir dan batu juga memberikan semangat tersendiri terhadap masyarakat yang membutuhkan pekerjaan dan ini sangat membantu, tidak hanya orang tua, anak dan keponakan pun mempersamai kerja itu.



Selain itu masyarakat juga menanam berbagai rempah-rempah sebagai aset kedua mereka sekaligus tabungan untuk masa depan anak mereka karena pertumbuhan waktu penanaman membutuhkan waktu yang terbilang lama, seperti kulit manis, cengkeh, palo, dll.

Ternyata nagari ini disebut juga nagari yang banyak manfaat atau seribu manfaat. Membayangkan nagari dengan tubuh ideal akan menemukan kedamaian, kedamaian membicarakan karena menumbuhkan citra nagari dalam bingkai sebuah birokrasi yang sangat mempunyai banyak manfaat. Birokrasi pertanian di negeri ini bagus. Selalu ada orang-orang yang memiliki antusias untuk membuat nagarinya menjadi lebih maju dalam perkembangan untuk tahap kedepannya. (do)

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN