Pesona Wisata Mesjid Raya Sumatera Barat

 


Padang- Wisatawan berbondong mendatangi pesona wisata yang memiliki karakteristik tersendiri. Mesjid Raya Sumatera Barat merupakan realita perwujudan kebudayaan yang memiliki daya tarik bertujuan mengunjungi kemegahan dibalik arti tersembunyi setiap sudut Mesjid.

Mesjid Raya Sumbar yang diperkaryai monument bersejarah yang menjadikan mesjid sumbar prioritas keagamaan yang terpandang. Lingkungan yang memadai dan nyaman sangat menarik minat para wisatawan berbondong melihat keindahan yang ada di dalam mesjid.

M. Ayani (22), salah seorang warga Padang Pariaman mengatakan, “Rasanya senang dan nyaman banget, angin kencang serta kerindangan pepohonan menjadi ciri khas mesjid ini. Apalagi bentuk atap unik mesjid ini seperti gonjong yang mencerminkan ciri rumah adat Minangkabau,” tutur Ayani, Kamis (29/10).

Dinyatakan sebagai pusat wisata budaya yang menonjol, daerah Padang tetap menindak lanjuti perhatian akan kenyamanan serta keamanan disetiap lingkungan mesjid, agar pengunjung bisa melaksanakan ibadah dengan tenang. Tentunya dalam hal ini akan menimbulkan dampak terhadap perkembangan kebudayaan yang diterapkan oleh Sumatera Barat, dalam menata desain tempat peribadatan kaum Muslim.

“Acuan berdirinya mesjid raya Sumbar sebagai bentuk landasan adat Minangkabau akan unsur adat dan agama: Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabbullah. Dan setiap wilayah ataupun daerah memiliki pedoman tersendiri dalam menciptakan inovasi sekreatif mungkin, baik itu dalam sudut pandang kebudayaan ataupun lainnya,” jelas Indah Yuliasmi (18), selaku warga asli kota Padang.

Dengan demikian, apapun pandangan orang lain terhadap karya daerah kita bersama, tetaplah untuk menjunjung tinggi falsafah kebudayaan kita sebagai bentuk identitas diri dari daerah yang kita huni.

 

---Jamiatul M.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN