Pinyaram Salah Satu Makanan Tradisi di Taratak Teleng, Solok Dalam Perayaan Maulid Nabi.

 


Taratak Teleng – Masyarakat Jorong Taratak Teleng, Nagari Sariak Alahan Tigo, Kecamatan Hiliran Gumanti, Kabupaten Solok disibukkan dengan pembuatan makanan Pinyaram untuk menyambut peringatan hari kelahiran Nabi SAW. Perimgatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Kamis, 29 Oktober 2020 itu tidak lengkap rasanya jika tidak disuguhkan dengan Pinyaram, begitu ungkapan dari kaum Jorong Taratak Teleng tersebut.

Pembuatan Pinyaram dilakukan satu hari sebelum Hari Kelahiran Rasul SAW, diimana Masyarakat pada hari itu berada di rumah masing-masing, mulai dari Golongan Pejabat, para Pegawai serta para petani, mereka membuat makanan pinyaram tersebut. “Makanan Pinyaram tidak hanya dibuat pada saat perayaan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW saja, akan tetapi pada hari-hari besar Islam, dalam acara kematian, Walimah pernikahan selalu dihiasi dengan makanan Pinyaram.” Ungkap salah seorang Masyarakat ketika diwawancarai Kortas pada, Jum’at (30/10/20).

Pembuatan Pinyaram sudah menjadi darah daging bagi Masyarakat Jorong Taratak Teleng, hal itu karena sudah menjadi keturunan dari nenek moyang mereka. Sehingga ketika dalam hari-hari besar islam tidak akan sempurna dan lengkap rasanya apabila tidak membuat makanan Pinyaram. (fid)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN