Roti tenong padang panjang

 Ade Fitri Yeni 

Roti tenong padang panjang

Roti tenong merupakan kuliner tradisional khas Padang Panjang, Sumatera Barat.

Pengertian tenong itu sendiri ada dua arti.

Pertama, menurut Suci Siltami, Owner "Roti Tenong Cheesee" arti tenong merupakan tempat penggorengan untuk roti itu sendiri

"Tapi tenong itu sendiri kita gunakan setelah digoreng sebagai peniris minyak di tenong itu,"

Bentuknya khas terbuat dari rotan. Kedua, Suci pernah bertanya saat berkunjung ke Pasar Padang Panjang.

Roti tenong miliknya ini terdapat isian vla vanilla di dalamnya, dan bagian luarnya diberi topping yang lagi hits juga, agar kekinian.

Ingin membuat suatu hal yang beda, tapi konsep sama dengan kue tenong itu sendiri. "Bedanya sama yang di sana, kita ada vla vanilla nya sih, kecuali untuk varian choco manggo,"

Rotinya dipilih yang tidak terlalu menyerap minyak, dan memiliki pori pori roti yang rapat.

"Pas dibelah gak ada minyaknya, kemudian barulah dimasukin vlanya," ulas perempuan kelahiran 1991 ini. Jadi roti tenong ialah roti yang digoreng. Tahap pembuatannya, roti dimasukkan ke dalam telur dan digoreng.

Kemudian dibelah dulu dan dimasukkan vla vanilla, terus barulah ditaburi sesuai dengan topping yang diinginkan. Roti tenong miliknya ini memiliki topping yang beraneka ragam, sekitar 19 rasa dengan harga mulai Rp 10 ribuan. "Yang premier varian greentea, cappucino, dan choco manggo, sedangkan best seller rasa tiramisu, mozarella, dan nutella," jelasnya.

Roti tenong yang terletak di depan tugu Simpang Haru ini kini juga memiliki menu baru roti, tenong ice cream."Di daerah Padang Panjang roti tenongnya hanya ditaburi mises dan keju, dan di rotinya lebih terasa telor. "Roti yang tradisional kita bikin jadi modern, bisa disukai semua kalangan umur,"



Komentar

Postingan populer dari blog ini

SEMINAR DESAIN GRAFIS BERBASIS BISNIS YANG DIADAKAN OLEH HIMPUNAN MAHASISWA PROGRAM STUDI JURNALISTIK ISLAM

REVIEW FILM JOKER

USIA LANJUT, PAIMIN TETAP EKSIS BERJUALAN